Daftar Blog Saya

Jumat, 16 Desember 2011

SURAT KECIL UNTUK TUHAN

Kisah nyata mengenai GITA SESSA WANDA CANTIKA ( keke ). gadis berusia 13 tahun yang tubuhnya digerogoti kanker ganas tulang lunak yang menyerang bagian wajahnya . kasus penyakit kanker tersulit dan pertama di Indonesia ini berhasil merenggut nyawa keke pada tanggal 25 desember 2006 pukul 11 malam . 

GITA SESSA WANDA CANTIKA ( keke ) mempunyai sahabat-sahabat, dan keluarga yang sangat menyayanginya. Kisah ini ditulis kembali oleh AGNES DAVONAR dan diterbitkan oleh penerbit
Jujur , aku kagum banget sama kisah nyata yang satu ini . she is different from other girls in the world. She is very special in my eyes . amazing!Perjuangan Ayah  GITA SESSA WANDA CANTIKA ( keke ) sangat mengharukan....
terharu menyimak kisahmu keke…….


Kalo kalian semua baca kisaah ini , pasti kalian pun akan meneteskan air mata seperti aku . TERBUKTI banyak orang yang telah membaca buku ini dan menangis . beberapa toko buku GRAMEDIA pun sempat kehabisan stok . Buku ini tepat untuk dijadikan FILM . film yang bias memberi semangat untuk semua orang . semangat , bahwa ga ada yang ga mungkin . orang yang terkena penyakit kanker saja bias dapat peringkat 3 di kelasnya . mengapa kita yang sehat tidak bsa ? anything’s possible ! nothing is impossible! Wow !.
Setelah ini ada cerita singkat tentang keke , yang aku COPY-PASTE dari novel dan blog milik agnesdavonar.
Kisah ini pun akan menjadi topic perbincangan pada acara kick andy yang akan ditayangkan ppada tanggal 16 januari 2009.

KILAS CERITA

GITA SESSA WANDA CANTIKA ( KEKE ) terkena kanker yang menyerang bagian tulang lunak . keke diserang penyakit tersebut saat sedang berusia 13 tahun .siswi aktif di SMP AL-KAMAL jakarta barat . keke mempunya 2 orang kakak laki-laki yang setia menemaninya , yaitu , kak koko dan kak kiki . keke juga punya sahabat , dan pacar yang sangat setia menunggu keke pengobatan . orang tuanya telah bercerai . pada saat haid pertama pun , ia minta di temani utuk membeli pembalut yang cocok untuknya . ia sangat dekat dengan teman-temannya juga kakak kelasnya . tak jarang keke diajak kakak kelasnya untuk jalan-jalan bersama .
KANKER tersebut menyerang bagin wajah kiri keke .keke adalah seorang remaja aktif , yang normal sama dengan anak” lainnya . kanker tersebut mampu bertahan di tubuh keke kurang lebih selama 2,5 tahun . awalnya , keke hanya merasa sakit pada bagian matanya , yang sering mngeluarkan air mata , dan ia pun mulai sering mimisan dan pusing secara mendadak . saat ayahnya tahu bahwa keke sering mimisan pun , akhirnya ayahnya pun mengajak keke untuk check-up dengan dokter keluargannya yang bernama pak fendy . pak fendy pun memberi obat dang mengatakan , jika tidak membaik , akan diberi surat pengantar untuk professor lukman di rumah sakit darmais .
Setelah lima hari , ternyata tidak ada perkembangan sama sekali . keke dan ayahnya pun menuju ke rumah sakit darmais untuk bertemu dengan professor lukman . setelah member surat pengajuan dari dokter fendy , keke melakukan copy scanen . professor lukman berkosentrasi memperhatikan hasil dari copy scanen tersebut . sesekali ia melihat wajah keke . professor lukman pun menyuruh keke keluar dari ruangannya untuk berbicara dengan ayah .
”Putri Bapak terinfeksi penyakit Rabdomiosarkoma..!!” ucap dokter lukman . awalnya , ayah tidak mengerti sama sekali mengenai penyakit tersebut . namun , setelah prof lukman menjelaskannya , ternyata , secara luas Rabdomiosarkoma tergolong dalam kanker yang menyerang bagian tulang lunak dan merupakan kanker paling ganas dalam tingkatan kanker , berstadium 3 . Rabdomiosarkoma tidak memiliki tanda-tanda kanker seperti kanker yang lain . bahkan , keke yang jarang sakit saja , dapat terserang penyakit mematikan di dunia ini . Rabdomiosarkoma berkembang dalam waktu 5 hari . cara operasi pun satu-satu nya jalan yang dianjurkan oleh prof lukman untuk mengangkat kanker ganas ini , namun , keke harus kehilangan setengah dari bagian wajahnya .ayah pun masih berfikir untuk mengambil keputusan seperti ini .
tidak semua orang bias jalani . sungguh hebat ! kalau aku bayangkan pun , apa yang akan aku lakukan jika aku mengalaminnya ? apa aku masih punya semangat untuk hidup ? apa aku masih bias memiliki semangat seperti apa yang keke miliki ? apa aku masih mau sekolah dengan keadaan yang semakin hari semakin buruk ini ? ya ALLAH , betapa kagumnya aku dengan keke .
Pada suatu waktu , saat keke sedang berada di kantin sekollahnya , iya bertemu dengan seorang anak kecil dan ibunya . anak kecil itu pun bertanya . “ ibu , wajah kakak itu kenapa ? kok seram ya ? apa dia monster ? “ keke pun pura-pura idak mendengar hal itu , walaupun sebenarnya , keke sangat sakit hati mendengar itu semua . ibu sang anak pun bertanya keada keke . “ nak , wajahmu kenapa ? apa kamu tumor ? “ keke pun hanya tersenyum saja melihat sang ibu dan anaknya . “ maaf ya bu , saya tinggal dulu , ada jam pelajaran , permisi …. “ ucap keke .
Sebenarnya , ayah keke sudah mengetahui ada apa dengan keke , sejak ayahnya membawa keke kepada dokter keluargannya . namun ayah keke pun masih merahasiakan semuannya dari keke . ayah keke ingin member tahu keke . namun , ayah takut kalau nanti keke tidak semangat untuk hidup karena dia berfikir bahwa hidupnya sudah tidak lama lagi .
“ apa aku tumor ya ?” tanya keke dalam hati setelah meninggalkan ibu dan anak kecil yang tadi ia temui di kantin .
Beberapa hari kemudian pun keke mengetahui apa yang terjadi padanya . Rabdomiosarkoma . kanker ganas yang termasuk stadium 3 dan berkembang pesat dalam waktu 5 hari .keke pun mengetahui nya saat iya sedang mencari pengobatan alternative , salah satu dokternya mengatakan , “aduh , pak , ini bukan tumor , tapi kanker pak “ . dan , keke pun mengetahuinnya saat kanker pada wajahnya sudah sebesar batok kelapa . keke menangis mendengarnya .
Akhirnya , keke menemukan cara pengobatan , yaitu , kemoterapi . dalam satu kali kemoterapi membutuhkan waktu sekitar 6-10 hari . dan keke harus melakukan sekitar 6 kali kemoterapi . 1 bulan samadengan 1 kali kemoterapi . bayangkan harus berapa hari ia melakukan cuti sekolah . begitu hebatnya keke , walaupun sudah berhari-hari tidak sekolah , ia bias mendapat peringkat ke-3 di kelasnya . saat kemoterapu pun , keke merasakan sakit yang sangat luar biasa , suhu tubuh berubah , mual , tak jarang ia muntah saat melakukan kemoterapi , saat suster memasukan obat lewat jarum suntik . karena keke tidak bise maminumnya , karena sebagian wajahnya sudah tertutup oleh kanker .
Setelah melakukan kemoterapi dan pemberiian sinar kepada tubuhnya untuk melumpuhkan kanker ttersebut , keke terbuk ti sembuh . tidak ada penyakit kanker lagi dalam tubuhnya . sama sekali . hari indah itu telah dating untuk keke . dimana ia tidak merasakan sakit yang begitu hebat ketika kemoterapi .dimana ia tidak merasakan sakit pada sebagian wajahnya .
Keke pun merayakannya dengan mengadakan syukuran di rumah nya . ia pun pergi menginap bersama teman-temannya . tak henti-hentinya keke mengucap kata syukur .
Namun , saat semua itu berlalu . Rabdomiosarkoma itu dating lagi . tapi , sekarang penyakit mematikan itu menyerang bagian wajah sebelah kanan keke . awalnya , ayah keke merahasiakannya karena tidak ingin membuat keke kecewa . akhirnya , keke pun tahu juga . keke pun menangis . ia tidak percaya bahwa Rabdomiosarkoma itu dating lagi .
Keke pun mencoba pengobatan yang sama seperti yang dulu . namun tubuh keke menolak obat kemoterapi tersebut . keke pun telah mencoba pengobatan di Singapore , tapi dokter ahli disana pun juga mengatakan bahwa opersi adalah satu-satu nya jalan . keke pun tetap mecoba kemoterapi .
Allah saying sama kita , allah nggak pernah member cobaan yang nggak bias dihadapi umatnya . keke menghembuskan nafas terakirnya pada tanggal 25 desember 2006 pada pukul 11 malam . selamat jalan keke ……

IN MEMORIAN

SURAT KECIL UNTUK TUHAN


Tuhan . . .
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan didunia ini


Tuhan . . .
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku terjadi pada orang lain


Tuhan . . .
Bolehkan aku menulis surat kecil untuk-Mu


Tuhan . . .
Bolehkah aku memohon satu hal kecil untuk-Mu


Tuhan . . .
Biarkanlah aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya


Tuhan . . .
Izinkanlah rambutku kembali tumbuh agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya


Tuhan . . .
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bias memberikan kebahagiaan kepada ayah dan sahabat-sahabatku


Tuhan . . .
Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa
Agar aku bisa memberikan arti hidup kepada siapapun yang mengenalku


Tuhan . . .
Surat kecilku ini
Adalah surat terakhir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali . . .


Ke dunia yang Kau berikan padaku

In memoriam,
Gita Sesa Wanda Cantika (19 Juni 1991 - 25 Desember 2006)


Cuplikan di atas adalah sepenggal bait dari tulisan Keke, seorang penderita kanker ganas yang menyerang bagian wajah, Rabdomiosarkoma atau kanker jaringan lunak pertama di Indonesia. Keke atau Gita Sesa Wanda Cantika adalah seorang gadis remaja berusia 13 tahun ketika divonis memiliki penyakit kanker mematikan tersebut yang dapat membunuhnya dalam waktu 5 hari. Kanker jaringan lunak itu menggerogoti bagian wajahnya sehingga terlihat buruk menjadi seperti monster. Walau dalam keadaan sulit, Keke terus berjuang untuk tetap hidup dan tetap bersekolah layaknya gadis normal lainnya.

Mendengar vonis tersebut, sang Ayah, Joddy Tri Aprianto tidak menyerah. Ia terus berjuang agar sang putri kesayangannya itu dapat terlepas dari vonis kematiannya. Perjuangan sang ayah dalam menyelamatkan putrinya tersebut begitu mengharukan.

Perjuangan panjang Keke dalam melawan kanker ternyata membuahkan hasil. Kebesaran Tuhan membuatnya dapat bersama dengan keluarga serta sahabat yang ia cintai lebih lama. Keberhasilan Dokter Indonesia dalam menyembuhkan kasus kanker yang baru pertama kali terjadi di Indonesia ini menjadi prestasi yang membanggakan sekaligus membuat semua dokter di dunia bertanya-tanya.

Namun kanker itu kembali setelah sebuah pesta kebahagiaan sesaat. Keke sadar jika nafasnya di dunia ini semakin sempit. Ia tidak marah pada Tuhan, ia justru bersyukur mendapatkan sebuah kesempatan untuk bernafas lebih lama dari vonis 5 hari bertahan hingga 3 tahun lamanya, walau pada akhirnya ia harus menyerah. Dokter pun akhirnya menyerah terhadap kankernya. Di nafasnya terakhir itulah ia menuliskan sebuah surat kecil untuk Tuhan. Surat yang penuh dengan kebesaran hati remaja Indonesia yang berharap tidak ada lagi air mata di dunia ini terjadi padanya, terjadi pada siapapun.

Hingga pada tanggal 25 Desember 2006, Keke menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 11 malam. Tepat setelah ia menjalankan ibadah puasa dan idul fitri terakhir bersama keluarga dan sahabat-sahabatnya. Namun kisahnya menjadi abadi. Ribuan air mata berjatuhan ketika biografi pertamanya ini dikeluarkan secara online. Pesan Keke terhadap dunia berhasil menyadarkan bahwa segala cobaan yang diberikan Tuhan adalah sebuah keharusan yang harus dijalankan dengan rasa syukur dan beriman.

Kisah perjuangan Keke ini pun sempat diulas dalam acara Kick Andy di Metro TV. Sebelumnya buku ini diterbitkan secara online oleh penulis, Agnes Davonar dan dibaca lebih dari 350.000 pengunjung. Namun, karena banyaknya pembaca yang terinspirasi oleh kisah ini, akhirnya buku ini dicetak secara luas dan terjual lebih dari 30.000 exemplar dalam waktu dua bulan dan telah diterbitkan pula di Taiwan dengan mencetak sukses yang sama.


TENTANG PENULIS 

Agnes davonar adalah sebuah fenomenal dalah dunia sastra Indonesia. Ia memulai kariernya sebagai penulis amatir di sebuah blog. Kemudian dengan cepat berkembang menjadi penulis yang mau belajar hingga melahirkan lima  novel online dan 140 cerita pendek yang begitu melekat bagi semua pembaca situs pribadinya.  Tak heran bila sebuah kutipan dari sebuah portal informasi detik.com mengatakan “bahwa tidak sulit untuk mencari karya dari seorang Agnes davonar ”. Keunikan sendiri terdapat dalam nama Agnes davonar. Agnes berasal dari namanya sedangkan Davonar diambil nama dari adiknya. Jadi mereka adalah dua saudara yang bersatu dalam sebuah karya.
Agnes lahir di Jakarta 8 oktober, sedangkan Davonar lahir di Jakarta, 7 Agustus . mereka adalah Dua saudara yang besar dalama lingkungan seni. Ayahnya adalah seorang penulis kaligrafi Cina sedangkan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang tangguh. Mereka berdua membentuk sebuah blog dengan situs www.agnesdavonar.net  Agnes tinggal di luar negeri dan Davonar berkuliah di Universitas Tarumanegara.
sampai saat ini sejumlah prestasi telah ditorehkan dalam perjalanan kariel mereka sebagai blogger
 






sahabat2, n ayah keke




coretan keke yg terakhir




 
makam keke

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar